Rabu, 14 Oktober 2015

5 Hal yang Gue Lakukan Kalo Lagi Stres

Ilustrasi orang stres

Sebagai manusia normal, stres adalah sebuah kondisi yang pernah gue alami. Contoh gampangnya adalah ketika nilai rapor jelek, diomelin orang tua, diputusin pacar, sariawan, sakit gigi, dan tetangga sebelah malah asik dangdutan terjadi dalam waktu yang bersamaan. Atau contoh lainnya ketika gue ngasih tau bahwa harga buku gue Rp43,000, dan saat itu juga ada satu kutu kupret di antara orang-orang banyak, yang dengan nggak berdosa malah nanya: "Kak, harga bukunya berapa?". Stres dan ngeselin itu beda tipis. 
Jadinya males ngapa-ngapain. Bawaannya kalo nemu tempat tinggi pengin langsung loncat. Nggak menyelesaikan masalah, tapi menyelesaikan hidup lu. Semua orang pasti pernah ngalamin stres, begitu juga dengan gue. Dan, apakah gue akan nyari tempat tinggi dan loncat saat itu juga? Ya nggak lah. Gue kan takut tinggi. Lagian, Indonesia juga masih membutuhkan gue. Makanya, gue biasa mengatasi stres dengan melakukan hal-hal ini:
1. Baca dan Nulis

Baca buku atau tulisan yang bagus itu kayak nemuin harta karun di bawah laut. Kita akan ngerasa bahagia dan "kaya" setelahnya. Selain baca, nulis adalah cara yang ampuh buat bikin gue lupa sama yang namanya stres. Orang yang tulisannya bagus, biasanya hatinya lagi berantakan. Nah, orang yang tulisannya jelek, hatinya ya... lebih berantakan. Kalo lagi stres, tuangkan itu lewat tulisan. Stresnya ilang, tulisannya yang jadi stres. Eh, maksud gue bagus.
Daripada nyari tempat tinggi buat loncat, mending juga baca buku atau nulis. Ini nih yang dinamakan stres tapi produktif. Nggak hanya stres dan ngacak-ngacak WC di rumah, tapi bisa menghasilkan juga. Lebih bagus kan?
2. Bikin Video
Nah, ini kesibukan baru gue sekarang. Lumayan buat meredakan stres. Habis bikin video, orang-orang yang nonton video gue malah stres. Mereka stres, bikin video juga. Yang nonton? Ikutan stres lagi. Gitu terus. Bayangin kalo satu video gue bisa bikin 10 orang stres. Masing-masing dari mereka kemudian juga bikin video karena stres, nambah lagi jadi 100 orang stres. Terus sampe 1,000, 10,000, dan akhirnya gue bisa beli pesiar + pulau pribadi. #AgenMLM
Jadi, maklumin kalo di video gue agak stres. Karena pas buatnya aja gue lagi stres. :))
Tapi percayalah, jika dalam sehari kalian bisa mengajak 10 orang stres untuk bikin video, maka dalam 3 bulan dengan jumlah yang sama, kalian udah bisa membeli pesiar, pulau pribadi, dan bahkan membeli uang! WOW! Ayo, tunggu apalagi! Tempat terbatas! #AgenMLMLvlDiamond
3. Makan
Nggak bisa dipungkiri lagi, makan adalah cara yang paling enak buat ngelupain stres. Apalagi makan cokelat. Beh, gue bahkan bisa jadi lupa kalo ada kata stres di KBBI. Walaupun gue stres di rumah dan nggak bisa ke mana-mana buat beli makanan, gue nggak khawatir lagi karena ada Foodpanda. Tau situs ini udah lumayan lama dari temen.

Jadi di foodpanda.co.id, gue bisa order makanan dari 500 restoran lebih. Nggak hanya itu, selalu ada penawaran spesial untuk menjaga kantong agar lebih hemat. Cara ordernya juga gampang. Hanya dengan download aplikasi mobile-nya di sini, terus ikutin deh petunjuk-petunjuk selanjutnya. Udah order? Tinggal tunggu makanannya sampe ke rumah, terus bayar di tempat alias Cash on Delivery! Jasa delivery makanan mana coba yang lebih mudah dari ini?

Beberapa hari yang lalu gue coba mesen makanan dari aplikasi Foodpanda. Informasi yang disajikan dari setiap restorannya itu lengkap banget. Mulai dari statusnya (buka atau tutup), ongkos kirim, minimum pemesanan, sampe waktu tunggunya. Detail. Nggak lama setelah menunggu, akhirnya makanannya pun dateng dan gue jadi bisa mengatasi stres dengan makan sepuasnya. Azek!

Kalo lagi stres, cobain deh makan makanan kesukaan kalian sepuasnya. Dijamin ampuh. Misalnya kayak gue, makan cokelat. Bisa bikin mood jadi lebih baik dan mengurangi tekanan darah. Cokelat juga punya kandungan yang mampu membuat pengkonsumsinya jadi merasa nyaman. Nggak punya pacar yang bikin nyaman? Nggak apa-apa, yang penting punya cokelat!

4. Main Game 

Jelas! Karena main game itu asik dan menyenangkan. Selain buat olahraga tangan dan mata, main game juga bisa bikin pengetahuan bertambah. Misalnya gue, yang kebanyakan belajar bahasa Inggris dari game yang lagi dimainin. Belajar dari game Harvest Moon, yang nggak hanya mengajari gue jadi petani sejak umur 10 tahun.

Dulu, gue ini gamers akut. Kacamata yang gue pake ini adalah bukti nyata dari kebanyakan main game dan nonton TV deket-deket. Zaman kelas 1 SMP, sepulang sekolah gue pasti langsung lari ke warnet. Pulang ke rumah, ganti baju, main ke warnet lagi. Dan semenjak mau naik ke kelas 3 SMP, gue udah nggak pernah nyentuh warnet sampe detik ini.

Menurut gue, kalo bisa main game di rumah, ngapain harus ke warnet. Ngabisin jajan dan duitnya mending gue pake buat beli makanan. Di rumah gue punya komputer (punya kakak sih), daripada didiemin, gue pake aja deh buat main game dan mulai nge-blog. Dan setelah komputer rusak, gue main game paling lewat smartphone. Iya, si Boy.

Apa-apa sekarang udah serba canggih. Lewat smartphone aja gue udah bisa main game yang grafiknya nggak kalah sama di komputer. Kalo lagi stres, gue sekarang main game lewat smartphone atau bahkan numpang main di rumah temen. Stres gue hilang, temen gue yang stres karena rumahnya gue tumpangin. Dan, ini adalah game-game smartphone favorit gue.

Inget: Main game boleh aja, asal jangan terlalu lama dan deket-deket! Nanti matanya rusak.

5. Tidur

Lari dari kenyataan yang paling mudah.
...

Jadi, itu adalah 5 hal yang gue lakukan kalo lagi stres. Sebagai manusia, wajar sih kalo sekali-sekali stres. Mungkin lagi ada masalah atau nilai rapor jelek, diomelin orang tua, diputusin pacar, sariawan, sakit gigi, dan tetangga sebelah malah asik dangdutan terjadi dalam waktu yang bersamaan. Saran gue kalo lagi stres atau ada masalah, mending jauhin dulu deh tempat-tempat tinggi dan media sosial yang kalian punya. Kan bahaya nanti kalo misalnya ngetwit karena emosi, bukan karena suara hati. Azek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar